Dishubkominfo Kabupaten Bireuen....

Infrastruktur Aceh Bagus, Pengangguran Tinggi

Jumlah pengangguran di Provinsi Aceh mencapai 10,3 % dari total penduduk 4,8 juta jiwa, lebih tinggi dibanding rata-rata nasional 6,25%.
 
Perkembangan ini terjadi meskipun proyek rekonstruksi dan rehabilitasi akibat bencana gempa dan tsunami 26 Desember 2004 menelan biaya US$6,7 miliar. Dengan dana itu, wajah Aceh yang porak-poranda karena gempa 9,1 skala Richter dan gulungan ombak�tsunami�disulap dalam kurun lima tahun.
 
Aceh mempunyai jalan mulus sepanjang 3.696 kilometer yang dibangun selama masa rekonstruksi. Didukung pula dengan 23 pelabuhan baru.
 
Dana tersebut belum termasuk anggaran belanja rutin dan dana otonomi khusus. Tetapi cukup mudah menemukan penduduk yang tidak mempunyai pekerjaan. Mereka biasanya nongkrong di kedai-kedai kopi atau belakangan populer disebut kafe yang menjamur seperti di kota Banda Aceh.
 
Di tempat-tempat itu, mereka cukup membeli secangkir kopi dan berduduk berjam-jam sambil memanfaatkan layanan wifi gratis.
 
"Pada saat banyaknya dana mengalir ke Aceh, ada sedikit yang kita kelupaan. Ketika kita membangkitkan ekonomi, kita lupa menyentuh di sisi produktifnya," jelas Direktur UKM Center, Universitas Syiah Kuala DR. Iskandarsyah Madjid.
 
Tergantung pemerintah
 
Ketika uang deras mengalir ke Aceh, lanjutnya, yang diandalkan adalah sisi penyebaran uang di masyarakat sehingga masyarakat cenderung lalai dan tidak memikirkan sisi produktif.
 
"Jadi lebih berpikir sisi jual beli sehingga ketergantungan kita kepada pihak ketiga tinggi sehingga ekonomi kita tidak berjalan dengan baik. Sektor perdagangan mungkin sangat bagus tapi sektor produktif hampir tidak ada kalau kita hitung secara keseluruhan."
 
Akibatnya perekonomian Aceh sangat tergantung pada pemerintah.
 
"Kalau cair uang pemerintah maka ekonomi kita sedikit baik, tetapi setelah itu sangat menurun. Saya pikir ini sangat bahaya," ungkap Direktur UKM Center, Universitas Syiah Kuala DR. Iskandarsyah Madjid.
 
Karena lahan luas, pertanian dan peternakan seharusnya bisa digalakkan. Demikian pula usaha kecil dan sektor pariwisata.
 
Syariah Islam menghambat?
 
Untuk menggairahkan perekonomian Aceh, Gubernur Zaini Abdullah menyatakan akan mengundang investor sebagai salah satu jalan.
 
"Saya kira ini dengan mengundang mereka langsung kemari. Kemudian mereka melihat contoh-contoh yang banyak di sini seperti Lafarge," kata gubernur di Banda Aceh, Kamis (25/12/2014). Ia merujuk pada perusahaan Prancis yang telah mengakuisisi PT Semen Andalas Indonesia.
 
Seharusnya penanaman modal langsung di Aceh lebih bisa digalakkan karena banyak sektor yang masih terbuka, namun pemberlakuan syariah Islam di sini membuat sebagian kalangan khawatir.
 
"Penerapan hukum syariah dan diberlakukannya juga terhadap mereka yang tidak beragama Islam pasti menimbulkan rasa takut," kata mantan Kepala Badan Rekonstrusi dan Rehabilitasi, Kuntoro Mangkusubroto.
 
Akan tetapi pandangan tersebut ditepis oleh Kepala Dinas Syariah Islam Aceh, Profesor Syahrizal.
 
"Syariah Islam itu akan memproteksi setiap orang yang berusaha, kemudian kontrak yang dibuat adalah kontrak yang terbuka, tidak ada pemaksaan kehendak dan tidak ada permintaan fee di luar kontrak yang ada," tegasnya sambil menambahkan hal itu bisa terwujud apabila penerapannya berjalan baik.
 
Pemberlakuan Syariah Islam diatur dalam Undang-undang Pemerintahan Aceh. Ini merupakan lanjutan dari kesepakatan damai Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka pada tahun 2005.(CNN Indonesia)
Bupati Bireuen: Keterbukaan Publik untuk Menjaring Aspirasi Masyarakat

Bupati Bireuen: Keterbukaan Publik untuk Menjaring Aspirasi Masyarakat

KoranBireuen – Sudah dua tahun lebih, bahkan telah memasuki tiga tahun kepemimpinan kami (H...

Ketum PBNU: Ribuan Warga Indonesia Ingin Berangkat Gabung ke ISIS

Ketum PBNU: Ribuan Warga Indonesia Ingin Berangkat Gabung ke ISIS

Jakarta - Gerakan radikalisme yang tengah bertempur hebat di Irak dan Suriah, ISIS,...

Sejarah Bireuen dan Asal Usul Julukan Kota Juang

Sejarah Bireuen dan Asal Usul Julukan Kota Juang

Bireuen—Julukan Kota Juang yang ditabalkan untuk Kabupaten Bireuen menarik untuk ditelusuri...

Masyarakat Harus Eksis Fungsikan Internet Gratis (Host Pot – Free) di Taman Digital Kota Bireuen

Masyarakat Harus Eksis Fungsikan Internet Gratis (Host Pot – Free) di Taman Digital Kota Bireuen

  Bireuen, Beritalima Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi ( Ka...

Karimullah dan Savira, Duta Wisata Bireuen 2015

Karimullah dan Savira, Duta Wisata Bireuen 2015

Setelah mengikuti serangkaian test, akhirnya Karimullah dan SaviraMustaqila,terpilih sebagai...

17/08/2016, 23:55
sosialisasi-bahaya-narkoba BIREUEN – Dalam rangka menyemarakkan Hut RI ke 71, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bireuen mengelar pesta rakyat pada tanggal 17 dan 22 Agustus 2016 di Kecamatan Gandapura dan Kecamatan Peusangan. Kegiatan yg berlangsung sejak pukul 21.00 WIB, dengan tema...
12/01/2016, 01:08
dishubkominfo-bireuen-terapkan-perbup-perparkiranDISHUBKOMINFO BIREUEN TERAPKAN PERBUP PERPARKIRAN    Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bireuen MULYADI, S.E, M.M telah membetuk  Penerapan Sistem Penyelenggaraan Perparkiran di Kabuapaten Bireuen berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 29 Tahun 2015...
07/08/2015, 23:34
kios-liar-di-areal-pt-kai-bireuen  Koran Bireuen- Anggota Satpol PP dan tim terpadu membongkar tiga unit kios liar yang dibangun di lahan eks lintasan kereta api PT KAI Bireuen, Jumat (7/8/2015). Pembongkar tersebut dilakukan tim terpadu dan Muspika Kota Juang setelah sebelumnya telah adanya larangan mendirikan bangunan, termasuk...
28/04/2015, 23:51
internet-gratis-host-pot-free-di-taman-digital-kota-bireuen  Bireuen, Beritalima Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi ( Ka Dishubkominfo ) Kabupaten Bireuen, Raden Yus Rusmadi,ST menyerukan kepada masyarakat Bireuen kususnya para remaja untuk mengakses Hospot ( Wifi)  yang sudah lama berfungsi di Taman Digital Kota Bireuen persisnya di...
25/12/2014, 23:49
infrastruktur-aceh-bagus-pengangguran-tinggiJumlah pengangguran di Provinsi Aceh mencapai 10,3 % dari total penduduk 4,8 juta jiwa, lebih tinggi dibanding rata-rata nasional 6,25%.   Perkembangan ini terjadi meskipun proyek rekonstruksi dan rehabilitasi akibat bencana gempa dan tsunami 26 Desember 2004 menelan biaya US$6,7 miliar. Dengan...
25/12/2014, 23:41
unicef-puji-pembangunan-aceh-pasca-tsunami   Istimewa   Museum Tsunami, Aceh.    SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - United Nations Children's Fund (Unicef) memberikan pujian atas pencapaian pembangunan di Aceh dan upaya luar biasa setelah 10 tahun mengalami tsunami. "Upaya rakyat Aceh yang luar biasa untuk...
25/12/2014, 23:38
tim-sar-kembali-menemukan-korban-banjir-di-aceh-korban-tewas-menjadi-2-orang Aceh Utara, - Tim Search and Rescue (SAR) Aceh Utara Polri/TNI dan dibantu warga kembali menemukan seorang jenazah korban banjir di kawasan Aceh Utara. Jumlah korban jiwa dalam musibah itu sudah mencapai 2 orang dan 2 lainnya masih hilang.“Sekitar pukul 17.00 WIB, Kamis (25/12/2014) tadi tim...
25/12/2014, 19:21
selundupkan-heroin-pria-asal-pakistan-dihukum-pancung-di-saudiilustrasi pancung Riyadh - Arab Saudi menghukum pancung seorang pria asal Pakistan karena kasus narkoba. Ini adalah orang Pakistan ke-12 yang dieksekusi di Saudi sejak Oktober lalu.Diberitakan AFP, Kamis (25/12/2014), pria tersebut bernama Ismail Khan Sayed. Dia ditangkap setelah terbukti...
25/12/2014, 19:19
ksad-diangkat-jadi-panglima-perang-suku-jayawijaya Wamena, - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dikukuhkan sebagai Penglima Perang masyarakat Wamena, Jayawijawa, Papua. Pengukuhan panglima perang itu dilaksanakan bersama puluhan kepala suku adat masyarakat yang bermukim di lembah Baliem, Wamena usai acara open house...
25/12/2014, 05:36
keterbukaan-publik-untuk-menjaring-aspirasi-masyarakat KoranBireuen – Sudah dua tahun lebih, bahkan telah memasuki tiga tahun kepemimpinan kami (H Ruslan M Daud-Ir Mukhtar MSi), program dan capaian demi capaian telah dilakukan selama ini. Namun, tuntutan masyarakat memang masih cukup banyak, mulai dari ujung barat sampai ujung timur. Meski begitu, kami...

FINANCE

EKONOMI BISNIS

FINANSIAL

PROPERTY

ENERGI

INDUSTRI

PELUANG USAHA

KONSULTASI

TEKNOLOGI

NEWS (Teknologi)

TIP & TRIK

IT KLIK

GADGET

GAMES

PRODUK PILIHAN

DROE KEU DROE

OPINI

SURAT PEMBACA

BIREUEN HARI INI

KOMENTAR

PELUANG USAHA

IKLAN MASYARAKAT

ARSIP BERITA